Kelebihan Dan Kekurangan bahan poliester

Kelebihan Dan Kekurangan bahan poliester

Kelebihan Dan Kekurangan bahan poliester


Serba-Serbi Bahan Polyester



Pernah mendengar bahan polyester? Kalau anda kurang familiar, sebetulnya bahan ini dapat kamu temukan di pakaianmu, lho. Biasanya, pada tag brand  pakaian ada detail komposisi bahan. Di sana kamu dapat menemukan kadar bahan polyester dalam pakaianmu. Tidak melulu pada pakaian, bahan ini juga digunakan untuk menciptakan sofa, selimut, sprei, karpet, dan tali makrame. Namun, sebetulnya apa tersebut bahan polyester?

Bahan polyester ialah salah satu bahan kain yang diciptakan oleh manusia. Bahan polyester bukan berasal dari alam, tetapi melalui proses kimiawi. Kata polyester sendiri berasal dari dua kata, polymer yang berarti plastik dan ester yang adalahhasil pencampuran minyak bumi, alkohol, dan asam karboksilat. Hmm.. unik bukan? Tidak melulu sampai di situ saja. Bahan polyester mempunyai ragam tipe. Apa saja sih tipe-tipenya?

Ragam Tipe Bahan Polyester
Tipe-tipe Bahan Polyesterloveyourclothes.org.uk

Bahan polyester ini mempunyai tiga tipe utama yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga tipe tersebut ialah sebagai berikut:


1. PET (Polyethylene Terephthalate)

Tipe bahan polyester PET ialah polyester yang sangat populer digunakan. Tidak hanya digunakan sebagai bahan pakaian, PET juga dipakai sebagai bahan dasar botol air mineral, minuman bersoda, dan botol minum langsung buang lainnya.

PET dapat didaur ulang. PET didapatkan melalui pencampuran ethylene glycol dengan asam terephtalic atau methyl ester dan antimony catalyst. Antimony catalyst menolong terjadinya reaksi kimia yang menghasilkan bahan polyester. Bagi menjadi kain, bahan polyester mesti divakum dengan suhu yang tinggi di dalam ruangan hampa.

2. PCDT (poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene)

Tipe bahan polyester PCDT lebih elastis dikomparasikan bahan polyester PET. Maka dari itu, PCDT sering dipakai sebagai bahan dasar kain tekstil guna tirai jendela dan penutup furnitur. PCDT diciptakan dari gabungan zat asam dengan zat kimia lainnya, tergolong poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene tersebut sendiri.

3. Benang Sintetis

Benang sintetis juga dapat digunakan untuk membuat kain polyester. Contoh benang sintetisnya ialah benang filamen. Benang ini melewati proses yang sedemikian rupa dan menghasilkan kain polyster. Nah, kain polyester tersebut dapat terlihat serupa dengan kain yang berasal dari bahan alami, lho! Akan tetapi, tetap saja kain polyester berasal dari bahan kimia. Tas Ransel Rolltop 


Kelebihan Bahan Polyester

sehelai baju warna peach tercipta dari bahan

Meskipun berasal dari bahan kimia, bukan berarti bahan non-alami ini buruk. Bahan polyester memiliki pelbagai kelebihan yang sangat menolong kehidupanmu. Apa saja kelebihannya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Awet dan tahan terhadap kuman

Bahan Polyester Awet dan Tahan Kumanebay.com

Bahan ini mempunyai daya tahan yang tinggi sampai-sampai kamu dapat menggunakannya dalam jangka masa-masa yang lama. Ditambah, bahan polyester pun tahan bakal bakteri, kuman, dan bahan kimia lain sampai-sampai kamu pun nggak perlu cemas bahan polyestermu rusak.

2. Tidak gampang berkerut

Bahan Polyester Tidak Mudah Berkerutgoogle.com

Ada sejumlah bahan kain yang gampang berkerut meskipun telah disetrika berkali-kali. Lain halnya dengan bahan polyester. Bahan ini tidak gampang berkerut meskipun sudah anda tekuk-tekuk atau pakai seharian. Di samping itu, bahan polyester pun nggak mudah menciut atau melar, lho. Maka dari itu, bahan jenis ini akan menciptakan pakaian atau produk kain lainnya tetap memiliki format yang sempurna.


3. Cepat kering dan tahan air



Jika baju atau kain berbahan polyestermu dicuci, anda tidak perlu terlampau lama menunggunya kering. Pasalnya, bahan polyester cepat kering dan tahan air. Hal ini terjadi sebab kemampuannya menyerap panas. Maka dari itu, sejumlah barang outdoor, laksana tenda kemah, jaket parka, dan payung, memakai bahan polyester sebagai bahan utamanya. Bahan polyester sangat sesuai digunakan di wilayah yang bersuhu dingin sebab mudah menyerap panas.

Kekurangan Bahan Polyester

Tidak terdapat yang sempurna di dunia ini, begitu pun dengan bahan polyester. Di balik keunggulan bahan polyester, bahan ini pun punya sejumlah kelemahan, lho. Berikut ialah kelemahan bahan polyester:

1. Tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik

Bahan Polyester Tidak Punya Sirkulasi Udara yang Baikshutterstock.com

Polyester mempunyai tekstur yang rapat. Karena kelemahannya yang satu ini, bahan polyester gampang lembap dan susah menyerap keringat berlebih. Hal ini menciptakan pemakai bahan polyester tidak nyaman ketika memakainya. Apalagi, dengan bahan kimianya, bahan polyester dapat membuat kulitmu iritasi. Tapi urusan ini tergantung pada tingkat sensitifitas kulit setiap orang. cari tas poliester dapat di beli disini


2. Mudah terbakar

Bahan Polyester Mudah Terbakarfacebook.com

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, bahan ini berisi plastic. Karena itu, bahan polyester malah mudah terbakar. Jadi, janganlah membubuhkan kain atau menggunakan pakaian polyester di sekitar api. Selain gampang terbakar, bahan polyester pun mudah menciut bila terkena panas berlebih. Maka dari itu, anda harus berhati-hati dalam menyetrika kain polyester. Pula, tidak boleh merendam atau membasuh bahan polyester di air panas.

Untuk menanggulangi kelemahan-kelemahan ini, tidak sedikit pakaian, kain, dan hiasan rumah lainnya diciptakan dengan komposisi yang tidak sepenuhnya polyester. Biasanya, bahan polyester dibaur dengan bahan lainnya laksana katun. Dengan perpaduan kekurangan dan keunggulan keduanya, hasilnya bakal berupa sesuatu yang dapat menyerap keringat, tidak gampang terbakar, gampang kering, tahan lama, dan lain-lain.

Pada akhirnya, anda harus mengetahui keunggulan dan kekurangan bahan-bahan kain lainnya. Hal ini bakal membantu anda untuk dapat memilih bahan yang sesuai untuk kebutuhanmu. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menambah wawasanmu. Simak juga tulisan lain dari Dekoruma, ya!

Sedang menggali kasur baru untuk keperluan tidurmu? Kamu dapat menemukannya di toko furniture online laksana Dekoruma, lho! Dekoruma jual kasur Airland, King Koil, Comforta, dan brand  kasur ternama lainnya yang dapat memberikan kenyamanan maksimal saat anda tidur.

Tak melulu kasur saja, bila kamu sedang menggali hunian baru, Dekoruma pun jual lokasi tinggal siap huni dari sekian banyak  wilayah di Jabodetabek, lho! Dengan demikian, anda pun dapat menyesuaikannya dengan domisilimu ketika ini. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan lokasi tinggal impianmu bareng Dekoruma kini juga!

0 komentar :

 
Copyright © 2015. grosir tas selempang bandung
Blogger Templates